Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SISTEM ORGAN PADA MANUSIA

SISTEM ORGAN PADA MANUSIA
  1. Rangka
Organ penyusunnya yaitu tulang dan otot. Fungsinya untuk menyimpan bahan mineral, tempat pembentukan sel darah, tempat melekatnya otot rangka, melindungi tubuh yang lunak, dan menunjang tubuh.
  1. Otot
Organ penyusunnya yaitu otot polos, otot jantung, dan otot rangka. Yang berfungsi untuk alat gerak, menyimpan glikogen, dan menentukan postur tubuh.
  1. Pencernaan
Organ penyusunnya yaitu mulut, faring, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, anus, dan kelenjar pencernaan. Berfungsi untuk melakukan proses makanan sehingga dapat diserap dan digunakan oleh sel-sel tubuh secara fisika maupun secara kimia.
  1. Respirasi
Organ penyusunnya yaitu hidung, tenggorokan/trakea, dan paru-paru. Berfungsi untuk mengambil oksigen, menyediakan oksigen, dan mengeluarkan karbon dioksida ke luar tubuh.
  1. Sirkulasi
Organ penyusunnya yaitu jantung, pembuluh darah, pembuluh limfa, dan darah. Berfungsi untuk transportasi darah dan cairan limfa.
  1. Saraf
Organ penyusunnya yaitu otak, 12 pasang saraf kranial, 31 pasang saraf spinal, sistem saraf simpatik, dan sistem saraf parasimpatik. Berfungsi untuk menerima dan merespon rangsangan.
  1. Endokrin
Organ penyusunnya yaitu kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, kelenjar pituitari, dan kelenjar adrenal. Berfungsi untuk memproduksi hormon yang mengatur aktivitas tubuh.
  1. Ekskresi
Organ penyusunnya yaitu ginjal, ureter, kantong kemih, dan uretra. Berfungsi untuk memindahkan hasil metabolisme yang sudah tidak diperlukan ke luar tubuh sehingga sel-sel tubuh dapat menjaga keseimbangannya terhadap lingkungan.
  1. Reproduksi
Organ penyusunnya yaitu organ kelamin pada jantan (penis, testis) dan betina (ovarium, uterus). Berfungsi untuk berkembang biak untuk memperbanyak keturunan.

Daftar Pustaka
Suwarno. 2009. BSE. Jakarta: PT Sunda kelapa pustaka.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar