Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

cangkok organ pada manusia


CANGKOK ORGAN PADA MANUSIA






logo smada
 














Di susun oleh:
ARIFIANI KURNIASIH
XI IPA 2
05



SMA NEGRI 2 WONOSARI GUNUNGKIDUL
Jl. Ki Ageng Giring 3 Wonosari, Telp.391158
2012/2013

CANGKOK ORGAN PADA MANUSIA

Transplantasi berasal dari bahasa Inggris yaitu kata transplantation, to transplant yang berarti to take up and plant to another (mengambil dan menempelkan pada tempat lain) atau to move from one place to another (memindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain).

Jadi transplantasi adalah pemindahan suatu jaringan atau organ manusia tertentu dari suatu tempat ke tempat lain pada tubuhnya sendiri atau tubuh orang lain dengan persyaratan dan kondisi tertentu.

Transplantasi dapat ditinjau dari sudut si penerima yaitu :
1.    Autotransplantasi, yaitu pemindahan suatu jaringan atau organ ke tempat lain dalam tubuh orang itu sendiri
2.    Homotransplantasi, yaitu pemindahan suatu jaringan atau organ dari tubuh seseorang ke tubuh orang lain
3.    Heterotransplantasi, yaitu pemindahan suatu jaringan atau organ dari suatu spesies ke tubuh spesies lainnya

Selain itu, ada dua komponen penting yang mendasari tindakan transplantasi, yaitu :
1.    Eksplantasi, yaitu usaha mengambil jaringan atau organ manusia yang hidup atau yang sudah meninggal
2.    Implantasi, yaitu usaha menempatkan jaringan atau organ tubuh tersebut kepada bagian tubuh sendiri atau tubuh orang lain

Disamping itu, ada dua komponen penting yang menunjang keberhasilan tindakan transplantasi, yaitu:
1.    Adaptasi donasi, yaitu usaha dan kemampuan menyesuaikan diri orang hidup yang diambil jaringan atau organ tubuhnya, secara biologis dan psikis, dan untuk hidup dengan kekurangan jaringan/ organ
2.    Adaptasi resepien, yaitu usaha dan kemampuan diri dari penerima jaringan/ organ tubuh baru sehingga tubuhnya dapat menerima atau menolak jaringan/ organ tersebut, untuk berfungsi baik, dan mengganti yang sudah tidak dapat berfungsi lagi.

Kegiatan transplantasi ginjal, jantung, hati, pankreas, paru-paru, dan organ-organ tubuh lainnya di harapkan untuk dua tujuan utama. Pertama, sebagai solusi untuk mengawetkan organ-organ donor dalam waktu yang relatif lama. Keadaan ini memungkinkan seseorang untuk menjalani pembedahan selama 16 jam sehingga selama waktu itu ia dapat menerima 5 organ tubuh yang berbeda. Kedua, membuat semacam obat-obatan yang bersifat menekan sistem imun atau reaksi penolakan terhadap organ-organ yang di transplantasi. Oleh karena itu, organ-organ dapat di sumbangkan ke orang lain, baik sewaktu hidup maupun setelah meninggal. Seseorang yang sudah meninggal, masih dapat memberi kehidupan pada orang lain. Diperkirakan, lebih dari 25 organ tubuh dan jaringan pada setiap mayat dapat di gunakan untuk keperluan transplantasi.



DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Transplantasi_organ

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar